Kabar heboh tentang Manchester United untuk tanah air tiba-tiba muncul. Bukan tentang kepastian kepindahan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid musim depan, tetapi berita ini ada sangkut pautnya dengan Indonesia. Berita heboh ini mengatakan kalau anggota tim Manchester United akan boyongan ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada bulan Juli 2009 ini! Mereka akan meninggalkan Stadion Old Trafford, yang sudah mereka gunakan sejak tahun 1910 yang lalu. Wow!

Apa yang sudah terjadi? Apakah Stadion Old Trafford sedang mengalami kerusakan serius sehingga klub berjuluk Setan Merah harus mencari stadion pengganti? Ataukah kapasitasnya sudah terlalu sesak sehingga menuntut renovasi besar-besaran sehingga segala pertandingan di sana harus dialihkan ke stadion alternatif yang sudah siap dan berkapasiLihat Biografi tas besar seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno? Tapi kenapa harus pindah ke Indonesia? Apakah mereka rela meninggalkan keglamoran kompetisi Liga Inggris? Entahlah, tetapi yang pasti ada beberapa perkataan dari petinggi Manchester United yang mendukung ini.

Chief Executive MU David Gill, bahkan tidak sungkan-sungkan mengatakan kesukaan klub besar Liga Premier Inggris pada atmosfer Asia.

“Atmosfer yang dihasilkan para penonton Asia luar biasa. Kami menikmati dukungan tak terhingga di benua itu dan menyenangkan bisa memberikan kesempatan untuk melihat pahlawan mereka beraksi di negara mereka sendiri,” puji David Gill menunjukkan kecenderungannya pada benua Asia.

Latar belakang bisnis tampaknya juga ikut mendukung kepergian seluruh anggota tim Manchester United ke Jakarta. Director communication MU, Phil Townsend bahkan seperti sudah mengungkapkan alasannya.

“Jumlah fans MU di Indonesia adalah yang terbanyak nomor dua di dunia,” kata Phil Townsend.

Ditambah lagi fakta kalau sudah lumayan lama MU tidak merenovasi stadionnya. Renovasi terakhir dilakukan pada bulan Mei 2006. Rencana menambah kapasitas stadion sekarang yang mencapai 76.212 tempat duduk menjadi 90 ribu tempat duduk, sudah pernah diungkapkan oleh para petinggi klub. Stadion Utama Gelora Bung Karno yang punya kapasitas 88.083 tempat duduk tentunya bisa menjadi stadion yang layak menampung banyaknya pendukung MU.

Jadi apakah juga gara-gara krisis ekonomi global membuat klub yang dibesut oleh Sir Alex Ferguson berniat mencari pendapatan yang lebih besar dengan pindah ke Jakarta untuk lebih dekat dengan basis pendukungnya yang cukup besar di Indonesia, sambil menunggu Stadion Old Trafford selesai direnovasi?

Jika berita ini benar, sungguh menjadi kabar yang sangat menghebohkan sekaligus menggembirakan bagi semua masyarakat Indonesia karena akan mendapatkan klub besar yang berkualitas di ranah persepakbolaan tanah air yang memang saat ini memerlukan suatu panutan untuk meningkatkan kualitas yang ada sekarang.

Entah kabar heboh ini benar atau tidak, tapi seorang sumber bisa memastikan kepergian seluruh anggota tim Manchester United ke Jakarta. Omongan bukan karangan belaka karena di situs resmi MU, dikatakan juara Liga Inggris tahun lalu itu akan ke Jakarta, Juli 2009. Jadi benar dong? Kita tunggu saja kelanjutan dari berita menghebohkan ini.