Pengaruh internet pada dunia pendidikan sangatlah besar. Terlebih lagi pada jaman globalisasi ini kita sudah tidak asing lagi dengan istilah internet. Dengan adanya internet di sekolah, para murid tidak perlu bersusah payah mencari sebuah, dua buah, atau bahkan banyak materi yang mereka perlukan .

Para murid tidak perlu ke perpustakaan, cukup di depan komputer yang terkoneksi dengan internet lalu gunakan search engine seperti Google atau Yahoo! dan dalam hitungan menit materi yang dicari dapat didapat. Para murid juga dapat mempereratkan komunuikasi dengan adanya fsilitas chatting, frindster, facebook, e-mail dan lainnya. Dulu, berkomunikasi di internet adalah hal yang sulit. harus klik ini lah, nggak boleh begitu lah, dan banyak yang lain. namun dengan diperkenalkannya web 2.0 semua itu menjadi lebih mudah. Tampilan web 2.0 menjadi lebih user friendly, lebih mudah dimengerti dan lain-lain. internet juga berguna bagi para guru. Dengan internet duru dapat mengelola nilai murid-murid mereka dengan sistem administrasi sekolah (SAS). Para guru juga dapat memperluas ilmu mereka dengan mencari materi yang tidak mereka mengerti.

Tetapi internet juga punya pengaruh buruk bagi dunia pendidikan. Biasanya siswa yang sedang mencari materi juga mencari hal-hal yang berbau negatif, seperti situs-situs yang berbau pornografi, kekerasan,dan situs lain yang tidak baik biasanya menjadi sasaran para siswa. Internet juga dapat menjadi sasaran penipuan.bisa saja siswa yang seharusnya laki-laki di dunia nyata malah menyamar menjadi perempuan di dunia internet. Mungkin tidak ada dampak negatif nya kalau begitu, tapi kalau siswa sudah jago internet, bisa saja mereka melakukan cracking atau melakukan penipuan bartaraf serius.